#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

04 Mei 2012

'Po'peng Riwayatmu Kini'

 Melihat isi tas ibu dan bulik'ku tampak ada sedikit yang berbeda. Dompet, tissue, permen, kipas, dan satu lagi semacam botol kecil yang didalamnya berisi cairan. Sepertinya bukan minyak wangi, karena biasanya duo sesepuh ini sudah memakainya sebelum bepergian. Ya, mirip salah satu iklan tivi yang dibintangi oleh agnes monica. Mungkin, namanya saja yang berbeda. Tapi kalau dilihat dari bentuk dan kemasannya hampir sama. Safe care, begitu judulnya. Minyak angin masa kini. 
Kenapa aku menyebutnya demikian?! 
Terlihat dari kemasannya yang berupa botol rool on. Selain itu, minyak angin ini mengandung aromatherapy sehingga baunya begitu menyegarkan. 

nyomot gambar disini
Nah yang lebih menarik lagi, fungsinya bisa untuk meringankan pusing dan sakit kepala. Sebenarnya, cara penggunannya digosokkan pada bagian tubuh yang sakit. Tapi ibuku lebih suka "diserot", dihirup gitu secara indonesianya mengedipkan mata Dari sisi harga, juga lumayan terjangkau hanya enam belas ribu rupiah saja untuk isi 10ml.
Lain ibuku lain pula dengan simbahku. Dulu, sewaktu simbah masih hidup demen banget pakai Po'peng cap dragon. Kandungan bahannya hampir sama dengan aromatheraphy, menggunakan menthol. 
Hanya saja menthol yang ada pada po'peng masih berbentuk padat dan dibungkus sejenis alumunium foil. Wadahnya unik sekali. Dibagian atas terdapat lubang-lubang kecil gunanya supaya menthol yang ada didalam wadah bisa keluar dan terhirup oleh pemakainya. Sedangkan dibagian bawah wadah jika diputar dapat menyetir bagian atas untuk membuka atau menutup lubangnya.

gambarnya dapat disini
Ini nih, po'peng yang biasa digunakan simbah. Wadahnya berwarna hitam. Tapi ternyata setelah aku gogling ada juga yang berwarna merah, biru dan hijau.

ambil lagi disini
Sekarang, po'peng jadi salah satu barang antik yang susah dicari. Paling ada di toko obat berijin, itupun jarang sekali. Alhamdulillah, ibu'ku gak terlalu fanatik ma po'peng. Jadi gak ribet harus berburu po'peng  bangga diri 

46 komentar :

  1. popeng aku belum pernah pakai, tapi aroma therapy itu sudha, wangi gak bikin pusing baunya

    BalasHapus
  2. @Lidya - Mama Cal-Viniya mba,...palagi klo buat bepergian....bs ngurangi eneg di perut :)

    BalasHapus
  3. jare sopo angel mbak??
    aku setiap hari pasti sedia po'peng..
    ada safecarenya, kayuputihnya, and po'pengnya.. lengkap kan??
    :p

    BalasHapus
  4. Jadi inget waktu kita ke jogja. Di daerah mana ya... mobil sempet berhenti nyari apotik buat beli aroma terapi, gara-gara ibuk dosennya punyeng dan mual.

    BalasHapus
  5. @cah_kesesi_ayutealurune po'ping ungu yow ra nemu... =))

    wih,...sisan balsem cap lang,geliga,minyak tawon,gpu...pow maneh :D

    BalasHapus
  6. @cici:D malu euyy,.....gara2 itu juga ga kuat naik borobudur :D

    BalasHapus
  7. wew, baru denger ane, hihhiy, kirain nama orang :D

    BalasHapus
  8. po' peng sudah hampir tak pernah denger tu ,malah sekarang po'peng nya yang ngikutin jaman udah ganti kesing dan nama tu kayak nya.,ada lagi ni may parem ,afikson tu juga obat-obatan para manula yang sudah mulai gak musim.

    BalasHapus
  9. Po'peng @_@
    Waw baru dengar tuh...
    Aku suka tuh roll on yang wangi tapi panas itu.
    Sayang larang.
    Ditawar gak boleh lagi...

    BalasHapus
  10. @mahbub ikhsan:D yoi pak ustadz.
    klo papa mama'nya pak ustadz pake parem jg :D

    BalasHapus
  11. @Tebak Ini Siapanawarnya bawa clurit,...pasti langsung dikasih =))

    BalasHapus
  12. @cii yuniaty Udaaahhh, eh yang dagang bawa pistol x_x

    BalasHapus
  13. @Tebak Ini Siapaklo gitu gandeng romi rafael gen disirep :D

    BalasHapus
  14. Ibu saya seringnya nyebutnya bopeng. Emang udah jarang bopeng mah di pasaran.

    BalasHapus
  15. wah kalau yang bawah saya belum tau, tapi yang atas, tu emang enak banget aromanya.

    BalasHapus
  16. sepertinya minyak kayu putih bakalan kalah kalau sudah seperti ini ya. dia harus lebih selektif lagi dalam berinofasi

    BalasHapus
  17. Ternyata po'peng punya bnyk warna ya sob.

    BalasHapus
  18. @Millati Indahhu'um betu mba...
    tergerus oleh jaman :D

    makasi yaa kunjungannya :)

    BalasHapus
  19. @peduli alamkunah yg bawah itu po'peng dragon....skrg udh jarang ditemui pantes klo ga ngeh :))

    BalasHapus
  20. @nice pptyoi...lagi2 mslh inovasi :D

    btw km admin di blog cerita anak kos yaa?

    BalasHapus
  21. @Yuyudyohaa,..keren kan... :)
    syank ga ada yg wrn ungu :))

    BalasHapus
  22. kalo aku lagi pusing saat di sekolah. aku suka pake aroma terapi safe care'nya loh :) tapi itupun di kasih dari teman kelasku. hehe

    BalasHapus
  23. mbak ...
    gak salah masukkan.
    soalnya ni kayaknya ruangan khusus ibu-ibu. :)))
    salam kenal aja yaaaaa.
    di tunggu follbeknya

    BalasHapus
  24. Kunjungan pagi sob. Met beraktifitas

    BalasHapus
  25. Po'peng semacam balsem yah mbak? Belum pernah liat sih, ini jg baru dengar :)

    BalasHapus
  26. Sebuah postingan yang nenarik dan memberi informasi yang bisa dijaikan sebagai bahan buat saya juga, selama ini memang saya belum pernah lihat yang namanya popeng, tapi dari cerita ini bisa menjadi gambaran saya untuk memperkiraannya,oke terima kasih sobat, salam sukses buat anda
    jangan lupa kunjungan balik, ditunggu follow dan komentar juga sobat
    terima kasih

    BalasHapus
  27. Saya malah baru tahu kalo ada yang namanya po'peng. Yang saya tahu cuma minyak cap kapak. :D

    BalasHapus
  28. sy sebetulnya lebih suka minyak tawon yang tutup putih, tp krn susah bgt dptnya (cuma ada di Makassar) akhirnya sy cobain fresh care yg lemon.. enak wanginya.. Segeeerr.. ^^

    BalasHapus
  29. kayaknya aku pernah deh lihat po'peng itu, tapi dimana ya? salah seorang saudaraku (maksudku tante apa nenek ya?) pernah tuh bawa2 di tasnya....
    masih ada deh tapi ya itu... susah dicari kali ya?

    Aku lebih suka minyak aromatherapy nya itu daripada minyak angin konvensional. Halah pake istilah konvensional segala lagi... hihi

    BalasHapus
  30. Klo swargi simbahku lebih kuno lagi obat andalannya yaitu... PPO! ;)
    Utk yg aroma terapi itu memang banyak yg pakai sekarang ya...

    BalasHapus
  31. @mataharibeda mba,..po'peng tu isinya semacam menthol padat.... :D

    BalasHapus
  32. @Harmony Magazinehihihi.....myk kapak si msh ada mpe skrg:D

    ehmm...makasi yaa udh berkunjung dimari...ckckck kehormatan banget nii:))

    BalasHapus
  33. @ke2naiklo disini adanya myk tawon yg tutupnya merah chi...:D

    BalasHapus
  34. @alaika abdullahhihihi...:D
    bener mba....yg banyak pake para sesepuh kita.
    klo kita mikirnya kemasan n fungsinya yaa mba...:))

    BalasHapus
  35. @Mechtayoi mba,....klo PPO kan yang tutup ijo tu kan mba....:D
    dulu mbah kakung yg demen pake itu :D

    BalasHapus
  36. wah, baru denger tuh po'peng :) masih ada yg jual gak ya? hihihi. kalau kakekku pakainya fresh care, gak mau merk lain soalnya beliau ngefans sama agnes monica, hehehe :)

    BalasHapus
  37. @dunia kecil indikakek'nya indi gaul jg ga mw kalah ma cucunya...:D

    po'peng masih ada sii cm agak susah dapet'nya n jarang pemakainya :)

    po'peng..oh po'peng

    BalasHapus
  38. Cuma kenal safe care ... ^^
    Aku malah gak pernah liat po'peng mbak'e.......

    BalasHapus
  39. @Fitrah Istiqomahhehehe.....po'peng udah jarang dik:D

    BalasHapus
  40. oh jadi namanya po'peng to.. gak pernah make soalnya hehe..

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS