#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

25 Juli 2012

'Best Moment with Best Child'


Senang, riang, hari yang kunantikan
Kusambut "hai" pagi yang cerah
Mataharipun bersinar terang
Menemaniku pergi sekolah
Senang, riang, hari yang kuimpikan
Jumpa lagi kawanku semua
S'lamat pagi guruku tersayang
Ku siap mengejar cita-cita

Dengarlah lonceng berbunyi
Kawan segeralah berlari
Siapkanlah dirimu
Dalam mencari ilmu

Waktu cepat berganti
Hingga lonceng terdengar lagi
Semua pun bersorak dengan riang

Senang, riang, masa depan kan datang
Capai ilmu setinggi awan
Hingga nanti aku tlah dewasa
Dunia kan tersenyum bahagia

Senin, 16 Juli'2012
adalah hari pertama masuk sekolah. Wajah ceria anak-anak terlihat ketika mereka memasuki gerbang sekolah. Suasana riuh mengiringi langkah kaki kecil mereka yang ditemani mama, papa, bahkan kakek dan nenek. Pemandangan yang slalu menghiasi setiap pergantian tahun ajaran baru. Tak terkecuali bagi saya dan teman-teman guru yang disibukkan dengan persiapan materi pembelajaran. 

Di hari yang sama,
Salah seorang murid saya (shafa) dulu yang sekarang duduk dibangku TK tidak mau masuk kelas. Rupanya dia tidak tahu kalau sekarang kelasnya sudah pindah di TK. Maklum, di sekolah tempat saya mengajar masih satu kompleks dengan TK. Jadi, anak-anak yang tadinya di playgroup memiliki anggapan bahwa kelasnya masih sama dan dengan guru yang sama. Padahal diakhir tahun ajaran, para guru selalu memberikan pengertian jika nanti anak-anak akan memiliki kelas dan seragam baru. Hmm,....namanya juga anak-anak. Terkadang mereka belum terbiasa dengan sesuatu yang baru.

Sampai bel berbunyi, tanda masuk kelas. Shafa masih berdiri didepan kelas playgroup. Terlihat bingung, antara masuk atau tidak. Saya biarkan dia sesaat dengan kebingungannya. Baru nyadar, ketika salah seorang guru TK meminta bantuan saya untuk membujuk shafa agar mau masuk kelas. Saya hampiri shafa yang sudah berdiri didepan ruang kelas TK. Badannya berkeringat dan wajahnya pucat. Saya gandeng tangannya masuk ke kelas. Mencari posisi tempat duduk yang aman diantara eks murid playgroup lainnya. Saya temani dia untuk sementara waktu. Saya pandangi wajah kuyunya dalam kecemasan. Wajah sama yang saya dapati setahun yang lalu saat dia pertama kali menginjakkan kaki di playgroup. Ada perasaan yang sama, ketika dia harus mulai belajar mandiri dan beradaptasi dengan teman-teman sebayanya. Proses yang cukup panjang sampai akhirnya shafa bisa benar-benar mandiri dan mau melakukan aktivitas belajar tanpa ditemani oleh eyang uti'nya. Sentuhan tangan dibahu saya, membuyarkan flashback tentang shafa. Setelah dirasa cukup, guru kelas shafa di TK menyuruh saya meninggalkan ruangan. Bergegas saya keluar seiring suara tangis shafa yang pecah. Shafa,....ini hanya sementara nak. Kembali ke awal, berproses dan saya yakin kamu bisa.

Shafa Aurelia Budhi Wardhani

Beberapa hari kemudian,
Shafa kecil sudah kembali. Bermain bersama guru barunya di TK dan juga teman-temannya. Tidak ada lagi kecemasan dan ketakutan.
Hanya wajah ceria yang kini mewarnai...
Selamat belajar shafa.....
Langkahmu masih panjang menuju hari depan...
Jadilah matahari bagi ke'dua orang tuamu dan orang-orang yang menyayangimu...


#Note :
Selamat Hari Anak Nasional @23 Juli
Anak Indonesia sehat, cerdas, ceria dan berakhlaq mulia

47 komentar :

  1. Gia kunjungan perdana...

    Wah, mbak guru playgrup ya.. asiik dong sama anak-anak kecil teruss.. \^0^/ hehe

    Selamat Hari Anak Nasional, semoga tidak ada lagi kekerasan terhadap anak-anak indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih,...berasa anak-anak terus :D

      thanks yaa gia udh mampir ksini,...met puasa ;)

      Hapus
  2. Sepertinya kebingungan shafa ini pernah saya alami dulu Mbak, saya dulu sampai salah masuk kelas karena ngira itulah kelas saya...hehehe. #kalau ini bukan bingung tapi asli salah masuk kelas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. whehehe....asli salah masuk tuh. baru ketahuan sekarang :D

      Hapus
  3. Kunjungan blogwalking pra-sahur...

    Wah, sahabat blogger kita yang satu ini ternyata seorang guru TK. Hmm... Pasti senang berbagi kebahagiaan bersama adik-adik kecil ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah sob,...enjoy aja dan smua akan terasa menyenangkan bwt qta :D

      Hapus
  4. saya paling hobi liat anak2.. :D

    imut2 gimana gitu..

    *plus lihat kucing.. lho?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew,...sesuatu banget yaa.....amit2 klo liat org dwasa :D

      Hapus
  5. weeh..syafa ngegemesin dah ah. titip sun ya mpok heeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. titip roti aja mak bwt bekal shafa... :))

      Hapus
  6. aduuuuhhhh.....emang yaaaa pak budi ,masih berat tu ustdzh berpisah dengan artis 2 nya play group terutama yang paling ganteng ini ni....yang baik hati ,tidak sombong ,sho...rajin menabung tentunya....shafa....oh shafaaa....mga2 ada shfa jilid dua ....ngik....ngikkk...ngiiiiikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. artis2....yg mane lg tuh stadz....
      yg ganteng n jd anak kesayangan mama papa'nya yak :p

      Hapus
  7. anak2 spt itu ya mbak setiap menghadapi sesuatu yg baru... anak sy juga gitu, awal2nya suka kyk takut duluan. tp memang hrs pelan2 kasih taunya, gak bs dipaksa ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba chi,....klo d paksa yg ada anak'y bs trauma... :)

      Hapus
  8. Sebagai suami dari seorang istri yang pernah mengajar di TK juga, ternyata memberikan banyak pencerahan. Pengalaman salah masuk kelas menjadi cerita yang unik dan ngangenin hiheiiehiehehehiiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. slm buat istri yaa pak....
      sama2 guru,..toss dl donk...hehehe :D

      Hapus
    2. Iya Insya Allah. Sayang istri saya bukan Blogger. Tapi dia penulis dan pengarang buku

      Hapus
  9. Bu Guru Cici'. . kalau masih kecil salah masuk kelas sih ngegemesin ya Bu Guru,, aku malah sempat salah masuk kamar pas nginep di hotel hehehe

    Ntar kalau ketemu Shafa nitip cubitkan pipinya yang chubi itu ya Kak hi hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...idih udah gede bs nyasar juga yah :))

      dicubit..?! jgn donk,...ntar dd shafa'nya nangis gimana,....susah nenanginnya :p

      Hapus
    2. Biar nda nangis di kasih BlackBerry aja bu. Buat maenan

      Hapus
  10. Banguuunn...
    Selamat pagi, Cik Gu!

    Slamat hari anak... ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. med pagi om eksak.....ayooo buruan mandi :D

      Hapus
  11. Lagu Sherinaaa! Keren banget lagu itu ^_^
    ingat Shafa jadi ingat Adek Anin yang juga masuk TK full day hehehe ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih bang,....OST petualangan sherina :D

      asiiik,....adek anin skrg udh naik TK yaa...pasti tambah hebat ;)

      Hapus
  12. oww ... guru yg baik ya ... so suwetttt ... hehehe, semangat ya jeng :D
    semoga gurunya besok bisa lebih sukses deh, hehehhey :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,.....semangat?! haruuus donk :D

      saya kan ingin seperti kakak :P

      Hapus
  13. bu guru aja deh pindah ngajar ke TK biar Shafa gak nangis lagi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah,klo pindah....ntar artisnya ilang satu donk,...:P

      Hapus
  14. Wah..engajar anak-anak harus tlaten ya jeng, maklum mereka sedang manja,lucu,imut dan nakal2.
    Guru, sebuah tugas yang mulia.
    Saya juga pernah menjadi guru, dilingkungan militer.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  15. wah, sudah masuk KB, semoga menjadi anak shaleh ya :)

    selamat

    BalasHapus
  16. iya mb cii..karakter anak memang berbeda2..ada yg bs cepet beradaptasi dgn lingkungan baru..ada yg bth proses agk lama adaptasinya..beruntung gurunya sabar dan telaten sprt mb cii.. :)

    BalasHapus
  17. seneng Mbak ya, ngajar anak-anak yang masih polos dan ngegemesin. bisa merasakan...

    BalasHapus
  18. enak bgt yah mbak punya anak banyak, masa depan bangsa ada ditangan kamu loh mbak #halah

    hehe :)

    BalasHapus
  19. lucu-lucu euy anak-anaknya...

    BalasHapus
  20. weh gw juga suka anak-anak .. hhmmm :)

    BalasHapus
  21. apa yang dialami Shafa di alami juga oleh jutaan anak seusianya yang baru masuk ke alam komunitas yang baru, yang penting guru yang membimbing bijak dalam menghadapinya...salam Ramadhan :)

    BalasHapus
  22. menantang ya Mbak "ngopeni" anak-anak kecil dengan berbagai karakter khas masing-masingnya. pembelajaran luar biasa buat jadi matang saat harus mendidik anak sendiri. syukurilah lingkungan indah seperti itu.

    BalasHapus
  23. lucu banget fotonya tuw. imut gmna gitu, hehehe

    BalasHapus
  24. wahhh serius banget tuh belajarnya... awas ngiler yah :D

    BalasHapus
  25. keren banget si Shafa Aurelia Budhi Wardhani ya :)

    BalasHapus
  26. shafa lucu banget yaa :D

    BalasHapus
  27. Ya Allah, unyuuu banget ^__^ cerdas tuh mukanya, serius amat nak, hihihi!

    BalasHapus
  28. owhh... bu guru playgroup tohh..
    pasti pinter bercerita nih..hihih...
    salam kenal ya...saya followers baru

    BalasHapus
  29. good posting :D
    Kamu dapat award loohh... :)
    Silakan lihat di http://henipupu.blogspot.com/2012/09/my-award.html

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS