#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

12 November 2012

70 TAHUN MENGABDI, MENCERDASKAN BANGSA

Hiduplah Ma'had Islam, Perguruan Kita
Lahir dengan kejayaan, karunia Tuhan
Hiduplah Ma'had Islam, membina agama
Mengisi negara kita, dengan pembangunan
Moga-moga Ma'had Islam, tabah menghadapi zaman
Membina jiwa pribadi, putra dan putrinya


70 tahun, merupakan angka yang bisa dibilang tua. Dimana telah mengalami pahit manisnya perjalanan hidup dan kehidupan terutama di dunia pendidikan. Amazing, bisa berada didalam kebesaran Perguruan Ma'had Islam menebar ilmu sekaligus menimba ilmu. Meskipun datang bukan dari kalangan almamater namun suatu kebanggaan berada dilingkup perguruan yang telah melahirkan manusia-manusia berpendidikan yang kelak bisa ikut serta membangun bangsa ini.*Insya'Allah...

Lahirnya Perguruan Ma'had Islam
Menjadi tua di usianya yang genap 70 tahun, tentu saja telah melewati sebuah perjalanan panjang. Diawali pada masa pendudukan Jepang di kota Pekalongan tepatnya tanggal 8 Nopember 1942 berdirilah sebuah sekolah islam. Yang kala itu dinamai Sekolah Rakyat Partikelir Ma'had Islam. Sepuluh tahun kemudian, Ma'had Islam menjadi referensi bagi madrasah-madrasah lain di pesisir jawa. Konsep madrasah modern yang memadukan pelajaran agama dan pengetahuan umum memberikan terobosan baru didunia pendidikan hingga masyarakat merasakan banyak manfaat yang didapat dari perguruan ini.
Para  Pendiri Perguruan Ma'had Islam
(Ustadz Abdullah bin Hamid Al Hinduan, Ustadz  Basari Achmad, Ustadz Muchsin bin Ali Alatas, Ustadz Zen bin Abdurrahman bin Yahya, Ustadz Muhammad Baragbah, dan Ustadz Muhammad bin Ahmad Assegaf)

Ma'had Islam kini
Pada perkembangannya, sampai saat ini Yayasan Ma'had Islam mengelola sekolah-sekolah yang dimulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Serta beberapa sekolah afiliasi yang menginduk pada Yayasan Ma'had Islam.


Ma'had Islam tempo dulu-Ma'had Islam masa kini

Ta'sis Perguruan Ma'had Islam yang ke-70
Menyambut HUT Ma'had Islam, beberapa kegiatan pun digelar. Perbedaan terasa dalam HUT kali ini. Mulai dari Seminar Pendidikan bersama Anies Baswedan sampai konser Group Band Letto ditutup dengan karnaval serta peresmian masjid Abdullah Hinduan dan perpustakaan Bakir Hasan...*Alhamdulillah smoga manfaat 

Agenda Kegiatan Ta'sis Ma'had Islam

Seminar Pendidikan bersama Anies Baswedan dan Soetrisno Bachir

Letto

Perpustakaan Bakir Hasan

Pawai Ta'sis Ma'had Islam ke-70

Happy Milad Ma'had Islam'ku....
Smoga kian berjaya, Semakin kuat menghadapi tantangan zaman, Teruslah mengabdi dan mencerdaskan Bangsa...



48 komentar :

  1. semoga makin Jaya...
    bisa mencerdaskan bangsa kita yah mbak..

    met milad untuk Ma'had Islam..

    alhamdulillah bisa kesini juga.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,....tengkiu noorma :)

      alhamdulillah, sesuatu banget yaaak bs nyampe sini :D

      Hapus
    2. MEt Milad untuk Ma'had Islam...sukses terus

      Hapus
    3. iypoo mbak.. tak kiro jaringane error,, hahaa..

      nyangkut nug ndi jal??

      mbak, dolan rene ke smrg :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasii udh berkunjung ;)
      met kenal yaa

      Hapus
  3. tambah keren aja nih ,kirain blog nya dah wassalam...hehee

    BalasHapus
  4. tambah keren aja nich kiraen dah wassalam...hehee

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun yang ke-70 yaa untuk Ma'had Islam :)

    BalasHapus
  6. semoga kita bisa memberi yang terbaik untuk ma'had islam ...walau hari ini cm bisa nyumbang doa.....sho...doa para pendahulu ma'had masih berlaku hingga kini....dan sampai anak cucu kita....smile*....

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin...insyaallah tadz..... :)

      doa qta smua untuk bakal marpuah juga....:D

      Hapus
  7. Pengabdian yang mulia ini selayaknya diteruskan dan didukung agar semakin banyak manusia Indonesia yang pitar dan bermoral.
    Selamat
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. Semakin megah dan meriah. Ingin rasanya berkunjung kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wayoooo kesini.....ntar tak ajak muter2 n kupdar ma ustadz pelopor :D

      Hapus
  9. Waa...telat tau info seminarnya... ada reportasenya ga tuh? *mauenaknyasaja..hehe*
    Selamat utk Ma'had Islam..semoga kian berjaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      slalu ada bwt mba jenk mechta...*lg d siapin ni reportasenya....(masuk dftr tunggu)

      makasi mba ;)

      Hapus
    2. Mbak Yuni, saya baca berulang tulisan yang ini. Ma'had islam ini dimana ya tempatnya?

      Hapus
    3. di pekalongan-jateng dik nurin.. :)

      Hapus
  10. semoga makin bermanfaat bagi semua mahluk hidup yang lebih tepat bukan semakin jaya,soalnya udah kaya partai aja pakai jaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...skali2 pinjem istilah partai :D

      Hapus
  11. Happy Milad Ma'had Islam ya. Semoga semakin berjaya sepanjang masa, doa kami selalu menyertai. Amin Ya Robbal Alaminnnnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,......terimakasih pak asep.... :)
      slm buat keluarga tercinta ;)

      Hapus
  12. Kereeen... aku suka foto jaman dulu dan jaman sekarang, bangunannya benar benar berbeda yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks,..... :)
      hu'um...yg tersisa cm ft'nya ajah...gedung lama udh dirubuhin smua n d ganti ma gedung baru :D

      Hapus
  13. met sore mbk. trmksih bnyk mbk. tlah berbagi aq suka mbk.

    BalasHapus
  14. selamat milad utk Ma'had Islam.. :)

    BalasHapus
  15. Selamat pagi sahabat tercinta,

    Dengan hormat diberitahukan bahwa sahabat merupakan salah satu pemenang dan penerima tali asih dalam Kuis di BlogCamp

    Silahkan menyimak pengumumannya di
    http://abdulcholik.com/2012/11/14/amtina-fathul-latifah-mbabar-jati-diri

    Harap segera mengirimkan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman buku.


    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee..yee...yee.... :))
      sampun dhe...
      maturnuwun....*berhasil...berhasil...*lunjak2 :D

      Hapus
  16. wah menang kontes tebak namanih ye selamat yah jeng yunie

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea...tengkiu mz opick....
      alhamdulillah,....sesuatu banget setelah bertarung sekian lama...akhirnya lolos jg :D

      Hapus
  17. perguruan di kota mana ini ya..?

    BalasHapus
  18. Selamat smg membawa brkah bagi kemajuan Islam.., Aamiin.., gk nyangka setua itu tp msh tetap eksis...! *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin....smoga kedepannya ttp eksis dan bermanfaat untuk umat*smile :)

      Hapus
  19. Suksess selalu ...

    Salam kenal.. :)


    Blog.umy.ac.id/workaholic

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin....
      makasih unt kunjungannya :D

      Hapus
  20. mbak cii apa kabaar? lama tak bersua ya hehe..

    Hepi milad juga, dan semoga selalu ikhlas dalam pengabdiannya.. dan benar-benar menjadi pendidik yang mencerdaskan bangsa meski tanpa tanda jasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hii cantik.... ;)
      iya nii lama ga jumpa,...alhamdulillah kbr super...hehehe

      amin,... :)

      Hapus
  21. Insya Allah jadi berkah, pengabdian yg tak ternilai harganya dan Insya Allah juga jadi pengawal menuju pintu surga Ilahi ... tetep smangat n mengabdi berbagi pengetahuan adalah amal yg indah :)

    BalasHapus
  22. ternyata ma'hadnya ada pendirinya persis kayak di gontor

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS