#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

29 November 2012

Bubur Suro [suran]

1 Muharam atau dikenal juga dengan 1 Suro yang merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Beberapa tradisi digelar dalam menyambut pergantian di tahun baru islam ini. Sebagai orang yang masih nguri-nguri budoyo, ibuku slalu menyajikan hidangan khas suro sebagai tradisi yang beliau pelihara sampai sekarang. Bubur suro [suran] namanya. Makanan yang terbuat dari beras, santan, dimix dengan tulang iga sapi, ditambah dengan irisan jagung manis dan kacang merah.

diicip yuukz..... :)
Meskipun rasa bubur'nya cukup lezsit perlu ditambah lauk sebagai pelengkap lainnya. Ibuku memilih pelengkap yang simpel dan gampang dibuat. Seperti, perkedel, telur dadar, petis n kering tempe, ditambah sayuran [wortel, daun kemangi, irisan cabe merah].

ada yang mau..huhuhu :D
Untuk urusan masak memasak, ibu mang jago'nya. buburnya dibikin dalam  panci presto jadi dalam waktu singkat, sudah mantang. Cuma butuh duapuluh menit saja.

siap beredar,......yang mau cuuuuung :p
Met Tahun Baru yaa temans....*biarpun telat ngucapinnya. Smoga lebih super dari tahun-tahun sebelumnya.

63 komentar :

  1. weiszz... coba undang kami para anggota "KPK" ke situ Mbak. soal bubur, semua pada jago.

    BalasHapus
    Balasan
    1. "KPK" dalam tanda kutip yaa pak zach....*agak mencurigakan...hehehe

      Hapus
    2. Blogger di KPK hanyak yang suka Bubur dan memiliki Panci. Hiehieie Bang Zach sudah ke sini. RUpanya bener bener tergila gila sama Bubur hiehiehiehie, Mantapsssssss


      Ini artikel keren karena nulis BUBUR heiheiie.
      Bubur never dies

      Hapus
    3. tuh tanya mas Indra sama Kang Asep.

      Hapus
    4. klo gitu saya tak nulis tentang bubur aja gen selalu dipromosikan dan disambangi personel KPK... :p

      Hapus
    5. Misi-misi...disini boleh OOT gak?

      Hapus
    6. dan buburpun sudah habis dimakan..

      Hapus
    7. btw, ayo donk para anggota KPK harus kasih G +1 utk postingan ini...

      #krn mbahas bubur

      Hapus
    8. KPK, ngegebrek rumahqu...aduuuuh...tolooong...toloooong :P

      Hapus
    9. kawan kawan mari kita hancurkan kotak komen di sini karena memosting Bubur. Horeeeeeeee serbuuuuuuuuuuuuu

      Hapus
  2. Waduh..enaknya..banyak banget lauknya jeng. kalah ya bubur ayam he he he.
    Emak nggak mbuat kayaknya
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...pakdhe ki bisa aja. serahkan pada emak sy...*cliiing langsung jadi.
      maturnuwun dhe :)

      Hapus
  3. Belum pernah aku coba bubur Suro... @.@

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sah nyobain un ntar malah ketagihan :D

      Hapus
  4. Saya juga belum pernah mencoba bubur suro mba...
    Mungkin karena daerah saya tidak pernah mengadakan hal seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya di jawa udah ga banyak yg bikin bubur kek gini pak, cuman ibu sy masih melestarikan tradisi... :)

      Hapus
  5. Waaahhhh ada BUBUR ...... Kang Asep pasti suka sama ini..
    :D


    Komentar : itu warna buburnya mirip Bubur Kacang Ijo yaah?
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. krm via mimpi yaa biar pak asep bs nyobain :D

      ga mirip2 banget ah,bubur suran kan agak kekuning2an gitu n lbh kental dibanding burjo

      Hapus
    2. soalnya aku suka bubur kacang ijoo :D


      ohya, postingmu dipromosikan sama kang Asep lhoo di komentar blog ku ...
      Itu menandakan bahwa anggota KPK suka banget sama bubur :D

      Hapus
    3. aduuh KPK,..bikin saya semakin bingung :S

      Hapus
    4. bubuuuuuuuuuuuurrr..!! mana buburnya?............

      Hapus
    5. udah diabisin ma ms rudy semalem :P
      msuk dapur ga pake permisi :p

      Hapus
  6. Warna bubur untuk mengingatkan berakhirnya musibah banjir zaman Nabi Nuh ya?

    waaa, saya suka semua lauk-nya, kecuali daun kemangi..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hee....padahal enak lho..ayuuk cobain :D

      Hapus
  7. ini tradisi daerah mana mbak??

    soalnya ndek tempatku gak da yg kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. tradisi ibuku dari daerah wonogiri. meskipun skarang udh menetap di pekalongan tp tradisi ini tetap beliau jaga sampe skrg :)

      Hapus
  8. Di tempatku nggak ada kebiasaan bikin bubur seperti ini Mbak. Eserius itu bikin bubur cuma 20 menit? Cepettt amat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hee...iya mba ni tradisi ibuku yg diturnkan dr simbahku.... *jd maluu :D

      serius lha...yg lama bikin pelengkapnya*perkedel..haahaahaa

      Hapus
  9. loh aku gak diundang nih buat makan buburnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba sinio....*mumpung buburnya udah habis ,...xixixi

      Hapus
  10. tradisi jawa ini ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas,...tradisi unt menyambut datangnya 1 Muharram :)

      Hapus
  11. met tahun baru juga yah salam kenal dari bloger jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok,....tengkiu ats kunjungannya... ;)

      Hapus
  12. naah... bubur suran yg ini sangat lengkap, gak kaya' bubur suran minimalis punyaku kemarin hehe... nyam2 ya Yun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar minimalis yg penting rasanya to mba....hihihi
      wah kalah cepat ni ma mba mechta,...bru bikin postingannya skrg... :D

      Hapus
  13. waahhh aku belum pernah cobain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau cobain mesti ksini dulu...hahaha

      Hapus
  14. Kalau dalam campurannya terdapat tulang iga sapi, pasti bubur ini terasa begitu gurih. Dan Bubur suro ini adalah tradisi tahunan ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. k0q tau si mas,..abis nyicip dr dapur sy yaa..hee :D
      iya mas, sudah menjadi agenda tahunan ibuk sy

      Hapus
    2. Hihi...iya lho Mbak, udah kebayang aja lezatnya kayak gimana, apalagi diracik oleh tangan ahli seperti Ibu, pasti mak jreng tuh rasanya. :D

      Hapus
    3. yo mesti makjreng...*koyo opo wae makjreng :D

      Hapus
  15. asli ne bikin ngiler semua,,,,
    nyam nyam
    kunjungan perdana ne mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sediain tisu yaa sebelum ilernya lari kmana2..hehehe

      ths kunjungannya :D

      Hapus
    2. aduh,, coba da cara buatnya aq buat dah mbk,,

      tisu na abis seharian ngiler ne :(

      Hapus
    3. cara buatnya gampang k0q, mnt tlg aja ma doraemon :D

      Hapus
  16. bubur suro ditempatku rasanya campur aduk ^^
    g terlalu doyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini jg campur aduk mba,....lebih dominan rs gurihnya..hehe :D

      Hapus
  17. enak nih kelihatannya boleh dong pesen satu delivery ke bogor,hehe..:p
    klo di kosan aku suro gak ada masik2,,paling masak2 klo idul adha dan tahun baru,hehe..:p

    mapi ke EPICENTRUM ya..:)

    BalasHapus
  18. kok belum pernah merasakan bubur ini ya? Di Madiun ndak ada kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini juga ga ada mba, alias ga d jual.jd hrs bikin sendiri....whehehe :D

      Hapus
  19. maaaaauuuuuuuu....
    kirimin donk kesini
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beres deh ..tunggu jam 12 malam teeng yaa :p

      Hapus
  20. Yummii.. Jadi pengen icip2 buburnya.. :)

    BalasHapus
  21. Wah sebagai penikmat BUBUR.. saya jadi tergoda dengan postingan ini.. salam kenal ya mbak.. :)

    Nyicip boleh ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok,....sebagai anggota KPK wajib hukumnya sarapan dengan bubur biar badan tmh sehat,seger,buger,waras,,....hehehe :D

      tengkiu :p

      Hapus
  22. Seph, keluarga saya juga masih sering buat bubur suro kayak gini kak :)

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS