#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

11 Januari 2013

Bubur Merah Putih


Hohoho, woii sobs hadir lagi nih. Masih bertemakan bubur, setelah setahun lalu posting tentang bubur suran yang lumayan bikin WoW gitu. Haiyaya, sebab musababnya karena posting tentang bubur, blog'ku kena geruduk anggota KPK. Mang aku punya tampang koruptor mpe digeruduk segala...hahaha. Ajibnya, bukan deg deg'an tapi malah senang. Abis tampang mereka yang imut-imut, murah senyum, baik hati pulak. Ahh sudahlah, kalau berlama-lama ngebahas KPK ga bakal tamat ni postingan.

o0o

Cerita punya cerita, seminggu sebelum libur sekolah. Kami, para guru menyiapkan menu khusus untuk anak-anak. Setelah berembug, akhirnya kami putuskan untuk menyiapkan menu bubur merah putih atau bubur abang putih [ dalam bahasa jawa ]. Bubur merah putih biasanya disajikan kalau ada slametan atau syukuran. Kaya; slametan kelahiran anak, slametan weton [ bulan kelahiran ], slametan ganti nama, dll.


Ga percuma nyiapin menu langka kaya ginih. Jebul, anak-anak banyak yang suka ma bubur abang putih. Tak terkecuali, gurunya juga..hehehe. Nambah sekali, dua kali, dst. Kapan mau langsing coba ?!!
Bubur merah putih, berbahan dasar beras. Bubur merah, aslinya dari bubur putih yang dicampur dengan gula merah. Kalau bubur putih, dari beras putih yang dicampur dengan santan. Weis, pokokmen maknyus. Plus santan yang berfungsi menjadi kuah nan gurih.

bubur sak panci-panci'ne :D
Penasaran dengan rasanya. Mau coba......?!! sengaja aku kasih resep dan cara membuatnya. Catet yah :
Bahan :
  • 1/2 cangkir beras putih
  • 500 ml santan cair
  • 100 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 buah gula merah, diiris
  • 1/2 sendok teh garam
Cara membuat :
  • Rebus beras dengan santan cair, garam dan daun pandan sampai menjadi bubur
  • Masukkan santan kental, aduk-aduk, masak sampai bubur mendidih
  • Bagi bubur menjadi dua
  • Tambahkan gula merah yang udah diiris ke dalam satu bagian bubur masak dengan api kecil, aduk rata sampai bubur berubah warna
  • Angkat
  • Santap dan nikmati selagi hangat.
Resep diatas pas banget untuk tiga porsi. Ayah, Ibu dan anak. Tetangga...?!! Bikin ndiri yak, udah pada punya panci kan...hehehe

PS : 
Bagi Anggota KPK, harap membawa tissue, serbet, lap atau sejenisnya. Antisipasi, sesuatu yang ngeces dari mulut :D

80 komentar :

  1. Waaahhhh ..... BUBUR LAGIIII......
    Makasih mbak Cii, engkau emang isdebes banget daahh...


    Kang Zach, Kang Asep, Mas Rudy, Cak Budy, dan semuanya ...
    Ayo kita santap ramerameeeeee...... :D
    #Gerudukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeeeeeeeeeeeeeeeeee BUBUR is bedes ya mas A.Y Indrayana. eh salah is debes. Ini suatu bukti yang otentik dan tidak terbantahkan kalaw mba cii yuniaty sudah SAH dan sangat MEYAKINKAN sebagai anggota KPK. Ini sudah jelas, Bangga banged KPK pastinya.

      Saya ke dapur dulu mau bawain Sendok sama garpu, Eala kok garpu apa yang dicucuk pake Garpu. Bentar saya ke dapur dulu cari sendoknya, Dimana ya lupa taruh tuh

      Hapus
    2. langsung tukang buburnya nyamber ke sini neh bawa panci

      Hapus
    3. slametan'e pindah rene to.....aduh...*beresin mangkok kotor :p

      Hapus
    4. *langsung rame dimakan anggota KPK*

      Hapus
    5. Aku pesen yang mangkoknya sudah matang dan lunak, soalnya selama ini kalo aku makan bubur, mangkoknya masih keras. Mubazir kan?

      Hapus
    6. ini beneran nggak sih? saya jadi kepengin, tapi dapet gambar doang! ini namanya kepalsuan bubur.

      Hapus
    7. kirain cuma bendera kita aja yg merah putih,ternyata bubur juga ada yg merah putih

      aku ngawa anduk go lap iler,bubure ngepengini koh :D

      Hapus
    8. bener bang Zach, dapet gambar doang. ganti yang asli donk mbak..!!

      #sambil mrenges..

      Hapus
    9. lho kan temenan.. aku nggak kebagian.

      pancene nasib yen teko telat.. nasib.. nasib

      Hapus
    10. ini pada jadi gak kita gerudukan ke rumah mbak Cii????
      kita berantakin rumahnya .. :D

      Hapus
    11. Wah sudah habis taa Bubur nya? Wah bole bole buat lagi nih

      Hapus
    12. datang terakhir pasti dah abis semua...
      hiks :(

      Hapus
    13. msh nyisa tuh mba, cucian kotor..hihihi

      Hapus
    14. mau dicuciin
      bijian apa kiloan..?

      Hapus
  2. weeee..weeee...lagian tu bubur sudah sebulan yang lalu di tawar-tawarin yaa sudah basiii....kwk..kwk..

    BalasHapus
  3. met pgi. we pgia berkujung dah di beri bubur merah heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. met siang....*slmt menikmati bsk kembali lagi :p

      Hapus
    2. met pagi lagi.. buburnya udah habis T.T

      Hapus
  4. Saya bukan penggemar berat bubur, hanya satu bubur yang saya suka di dunia ini, bubur kacang ijo hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. burjo ketan item + roti...*ga ada lawan

      Hapus
  5. Bikin ngiler saja. jika nanti saya bertandang kerumah tolong sajikan bubur merahnya ya ? . Terimakasih atas awardnya, maaf belum bisa membuat postingn. Maklum lagi galau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo lagi galau makan bubur aja dulu, mas.

      Hapus
  6. enak yaa
    kalo jadi muridnya
    hehheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi murid saya aja

      #ikutanusaha

      Hapus
    2. hussst,...mingir2 wasit datang :D

      Hapus
  7. Dija juga mau

    Dija gak pernah dibikinin bubur merah putih sama tante elsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pingin cepetan ambil panci.

      Hapus
    2. ntar kita bantuin..... bantuin ngabuisin maksudnya :p

      Hapus
    3. sip sip. Untuk urusan ngabisin Bubur. Kita tim yang baik

      Hapus
  8. Hore ada bubur, ni mah salah satu menu sarapan saya kala sekolah dulu lho mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ririe Khayan juga mau jadi anggota KPK????
      Dengan mengkonsumsi bubur tiap mau berangkat sekolah ... :D

      Hapus
    2. Kalaw saya sarapan Nasi Putih aja. Namun "temen temennya" itu yang banyak : Bakwan. Mie Rebus, Ikan Goreng , Sambal dan Kerupuk. Iya kan sarapan cuma pake Nasi putih aja saya mah

      Hapus
  9. loh,guuru juga to ternyata...**toasss :D
    uwaaaaaaaaa enak bangetttt..buat ah besok,mumpung libur :D

    BalasHapus
  10. bubur merah putih... ntar buburnya di kibarkan juga ya.

    BalasHapus
  11. bubur merah putih, pasti mantap..:D
    orang jawa bilang, 'Jenang Abang'

    BalasHapus
  12. wah boleh juga di coba ni bubur

    BalasHapus
  13. bubur.. enak nih.. wasaalam...

    BalasHapus
  14. Yeyeyeeeee...ada Bubur Part2 dari Mbak Cii hihi...

    Dilihat dari cara penyajiannya, udah berasa gurihnya bubur ini. #sluuurp

    Tips untuk Mbak Cii : Kalo anda ingin mencoba komen-komen yang lebih fenomenal dan lebih porakporanda, coba deh Mbak Cii posting tentang Panci. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener. panci rusak apalagi

      Hapus
    2. baru 4 komen kolom udah ancur. Sukses buat Mbak Cii...

      Hapus
    3. Saya punya Panci cadangan. DIjamin sudah ada tutupnya. Bener

      Hapus
  15. Wach malah belum pernah nyobain, bolehlah resepnya dicoba :)

    BalasHapus
  16. Hahahaahaha. .
    Aku juga seneng bubur ini, kalau makan bubur gak terasa. Baru dilidang langsung lenyap end\tah kemana. #eh. :D

    Bubur sum2 jenenge kan<, Mba? :)

    BalasHapus
  17. Wah mantap.. bikin ngiler. hehe

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. biar terlambat asal selamat :)
      ikutan nyerbuuuuuuu....bubur

      Hapus
    2. *gerudukgerudukgeruduk* #suara serbuan kaki KPK#

      Hapus
    3. Sikaat..... Serang... Bakar... Bunuh

      Hapus
    4. wah.....semangat 45 muncul nih,biasa mimpin demo ya mas asep :D
      demo masak bubur maksudnya....hihihi

      Hapus
  19. kuk dipake dipisah segala ya.., yg puth dan yg merah, merah apa coklat sh??? *smile

    BalasHapus
  20. mbak pesen satu yang sudah di mangkok yaa
    jadi pengen.. dingin dingin gini enak banget makan bubur, iya mbak buat slametan ganti nama biasanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mba, masih ada special mba DH...*diem2 yaa mba ntar ketahuan yg laen gawat

      Hapus
  21. wah ini makanan indonesia banget yang ajib.. saya sering makan bubur putih dan bubur merah ini sobat, emang rasanya mantap, tapi saya suka yang bubur merahnya sob, manis bgt kaya saya *wkwkwkwkwkwkwkw

    ini buatan sobat ya..? wah calon ibu rumahtangga yang siippp dech. hehhehehe

    BalasHapus
  22. We lha, kok enak itu sepertinya. Bikin pingin aja, dah lama sekali gak menjumpai bubur merah putih kaya itu. Mau dong...

    BalasHapus
  23. sluuurpppp.... minggu kmrn baru makan bubur ini,, enakkkk...

    BalasHapus
  24. aq bubur abange ae wehehe :D
    mak nyuss

    BalasHapus
  25. aq bubur abange ae wehehe :D
    mak nyuss

    BalasHapus
  26. Aq suka yang item og kak,...hehehe

    BalasHapus
  27. wahh asli berasa gurihnya nii ;p jd pingin

    BalasHapus
  28. Yaa... tetangga yg ini gak kebagian ya? hiks...

    BalasHapus
  29. hemm kelihatannya enak tuh...salam kenal

    BalasHapus
  30. sedap nih kyknya,,,,
    pengen nyoba ah, apalagi cuacanya lg mendung terus nih ^^

    http://ahayurumicecream.blogspot.com/

    BalasHapus
  31. wah mantap nih, enakk , bin sedappp..
    Boleh comot gak mba ??

    Sedia in link download nya ya .. Hhahaha
    sekedar berkunung..

    BalasHapus
  32. jd inget pilem si unyil ttg bubur ni hehe

    www.indogeria.blogspot.com

    BalasHapus
  33. salama makasih udah follow =)

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS