#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

26 Desember 2013

Blohok dari Tegal Laka-laka


Demen banget sama nih makanan. Manis gurih, maknyus di lidah dan ga perlu dikunyah. Teksturnya yang lembut menjadikan makanan ini banyak disukai ma orang sepuh n bebi. Aku ga termasuk keduanya,...hihihi [gaya ABG 90an]. Tapi sumpah, dari banyak jenisnya paling suka sama yang ini. Dan, pada satu kesempatan ada yang jual lewat depan rumah mertua. Kebetulan, mertua juga demen dan tiap sore harus mengkonsumsinya. Buat cemilan sore begituh...

Kalau yang makan mertua, mesti pake mangkok. Aku, nyobain yang sedikit berbeda. Biar lebih berkesan dan makin mendalam kecintaanku padanya [halah]. Sesuai dengan paket penjualannya, makan dengan takir yang terbuat dari kertas. Coba pake daun, wuuuih pasti lebih uenak. Cara makannya menggunakan siru, dari daun pisang ukuran persegi panjang yang dilipat jadi dua.


Bubur Blohok dari Tegal atau lebih familiar disebut bubur sumsum. Bubur yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan, dilengkapi duduh manis dari gula jawa. 
Kenikmatan makan bubur justru berasal dari bagian bubur yang gosong [menurutku lho]. Orang jawa, bilang itu intip. Bukan intip, yang ngeliat sesuatu secara diam-diam..hahahaaa.


Lalu,....sudahkan anda makan bubur hari ini...?

53 komentar :

  1. duh makan bubur make sendok godhong gedhang dengan takir memang manteb sekali, apalagi kalo juruh (duduhnya) melimpah. trus menikmatinya srupat sruput bareng-bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan makan Blohok Tegal kebetulan
      Tegal dekat dengan Kampung saya
      Ganda suli Brebes Jateng

      Hapus
    2. @Saud Karrysta : Saya punya tenan orang BREBES juga. Kata nya sih BREBES ngetop sama TELUR ASIN nya , Bener kah?

      Hapus
  2. pengeeeen.... nang ngkalongan ono ra, Yun? *pasang muka melas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ono mba'yuu,....bikin sendiri....hihihi. kayae lebih enak buatan yang ti nya ragil mba.......hihihi

      Hapus
  3. cuma bisa nelen air aja liat tuh bubur..hohoho
    besok saya mau bikin sendiri, yang siap saji ada nggak di mini kampret?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas ks dan mba indah, di mini kampret menyediakan bubur bayi silahkan dicoba...hahaha

      Hapus
  4. kalo didaerah saya itu namanya jenang gendol mbak, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenang tu biasanya ga pake santan yaa

      Hapus
  5. kalau saya sebut suru mbak bukan siru...kalau ditempat saya di campur serabi tambah mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaa iya mba, serabi pake santan sedeeep juga.... :)

      Hapus
  6. Kayaknya enak nih.. Bisa dikirim ke rumah saya enggak ya he he..

    BalasHapus
  7. Baru tahu saya kalau nama lain dari bubur sumsu itu bubur blohok Mba, tapi makan bubur sumsum ini memang paling enak pakai sendok yang terbuat dari daun pisang ya. Wanginyanya jadi melengkapi rasanya. Hm....jadi ngiler nih Mba.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, ditambah takir yg dari daun pisang. makin lezatoz

      Hapus
  8. klo d jogja sendokny dari daun pisang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ini juga pake daun pisang koq...*toss :D

      Hapus
  9. Wah jadi laper nih mampir kesini, padahal udah makan, ngiler sama bubur blohok hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo santap bersama KPK pak guruuu....hehehe

      Hapus
  10. Kalau ada habis hajatan pengantin biasanya tuan rumah biasanya pada membuat bubur blohok mbak dan di bagi-bagikan ke tetangga terdekat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu yaa cik, daftar ahh jd tetangga disitu kan kebagian bubur terus..

      Hapus
  11. Selamat Malam Mbak Cii simak artikelnya Mbak
    Wah kue ini saya makan biasany pada bulan suci
    Ramadhan kalau di Kampung saya nih Mbak Cii
    Duhh ckck jadi kepengen deh. pesen satu bungkus Mbak Cii makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik pesen sama penjualnya mas...hahaha. makasih

      Hapus
  12. Kalau ditempat saya ini sejenis mirip dengan bubur sumsum,tapi kelihatan enak sekali ini kalau dilihat dari gambarnya.

    BalasHapus
  13. Di sini nama kerennya bubur sumsum. Saya suka banget bubur ini :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, bubur sumsum campur bubur candil lebih nikmat

      Hapus
  14. wahh , ini , saya pernah makan nih :D

    kunjungan perdaana kak , follow sukses

    BalasHapus
  15. pake takir daun pisang lebih mantap mbak

    BalasHapus
  16. Saya suka sama bubur sum2. Enaakkk :D

    BalasHapus
  17. jan laka-laka pisan tah kiyeh. enyong dadi kepengiin.

    BalasHapus
  18. mantab nih emang bubur sumsum apalagi kalo gula merahnya banyak... nyam..nyam.. tapi sayangnya emak ane kalo ngebuatin kalo pas amandel ane kumat :(

    BalasHapus
  19. boleh donk itu buburnya ....hehehe

    eh ternyata org tegal jg tho ?

    BalasHapus
  20. klo yg hangus itu lbh enak, mending buatx dihangusin/gosong aja sekalian, semuax dihanguskan, kan unik hehehe...

    BalasHapus
  21. wkwkwkwk.. namanya kok di ganti keren banget mbak.. bubur sumsum kok jadi BLOHOK. hehehe unik namanya.. saya belum pernah mbak makan blohok ala takirt begitu.. biasanya ya pake manngkuk dan saya kasih sedikit baru es biar tambah seger hehehhe

    BalasHapus
  22. kalau jaman saya kuecill unyu-unyu, sering dibuatin sejenis bubur sumsum itu Mbak. tapi pakai tepung dr jagung yg halusannya, nah itu dibikin bubur trs buat sarapan. Klo musim kemarau, ada menu bubur pati, makannya pakai santan yg dikasih garam..jd berasa gurih.

    Klo makan pakai daun pisang, ada aroma yg khas lho..

    BalasHapus
  23. sepertinya saya udah pernah makan nich bubur sumsum, tapi dulu hehehe :D
    rasanya memang gurih dan tekstur nya bikin lidah jadi maknyus hehehe :D

    BalasHapus
  24. Intip itu bukannya nasi yang sudah gosong ya mbak?

    BalasHapus
  25. boleh. siapa si yang gak boleh heheh............?

    BalasHapus
  26. blohe lah moso gak bole heheh.....?

    BalasHapus
  27. kayaknya masih enakkan bubur sum-sunya pok songong buk...heeee

    BalasHapus
  28. kalau melihat foto itu, blohok nampak seperti bubur manis, atau kalau di jogja jenang gula. bener ngga sih?

    salam
    http://jarwadi.me

    BalasHapus
  29. ahahaha... :D
    hayok ke Tegal lagi :D .. aku mau ditraktir blohok..
    enak banget :)) .

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS