#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

21 Desember 2013

Origami, Fresh n Fun



Tugas yang mengasyikkan dari ibu KS untuk mengikuti workshop origami.  Begitu mendengar kata "Origami" langsung semangat ngikutinnya. Dan benar saja, kegiatan ini ga bikin jenuh karena lebih banyak praktek ketimbang dengerin materi dari nara sumbernya. Menghadirkan ibu Linda Marlina, S.Si dari Klub Origami Indonesia sebagai trainer. Dengan kontribusi empat puluh ribu rupiah, sudah termasuk snack, dua puluh lembar kertas lipat dan tiga potong kertas kokoru. Kalau di surat edaran harusnya dapat lima puluh lembar kertas lipat. Tapi, setelah konfirmasi sama panitia cuma dapat dua puluh n sisanya diganti kertas kokoru. Oww, selain bikin origami workshop ini juga memperkenalkan craft dari kertas kokoru. Jebul, kertas yang mirip dengan sobekan kardus itu kokoru dan ternyata lagi, harganya cukup mahal. Dijual juga sih, pas di workshop cuma ga kebeli =)

yang panjang itu kokoru...*aku baru tau :)



Ruang auditorium yang luas, diseting dalam dua bagian. Area depan dekat panggung, digelar karpet. Bagian samping kanan kiri dan belakang ditata kursi. Jadi peserta diberi pilihan, mau lesehan atau duduk dikursi. Aku pilih lesehan, dengan pertimbangan akan lebih leluasa. Duduk juga bisa selonjor. Secara emak-emak kan sering kena semutan. Pertimbangan lain, karena sering kena HIV (hasrat ingin vivis) jadi harus mengambil posisi strategis jadi sewaktu-waktu kebelet bisa langsung kebelakang.

trainer , lagi siap-siap
Origami yang kita buat ada tujuh bentuk. Ke'tujuhnya lumayan mudah, asal kita tahu dasar-dasar lipatan origami. Tahap-tahap origami juga gampang dipelajari. Trainernya pake kertas dengan ukuran besar jadi bagi peserta ga mengalami kesulitan dalam praktek origami.

Topi Samurai, si meong, keranjang, ikan
tuliph

wortel, bunga tuliph, boneka jepang
Origami yang diajarkan, belum pernah aku bikin sebelumnya. Makanya bener-bener fresh. Yang aku tahu bikin origami ikan sederhana hanya dengan betuk lipatan segitiga. Kalau yang disini, bagus. Ada sirip ikan trus bentuk ekornya harus digunting. Bikin meong juga gampang, dibagian bawah kepala kebuka. Jari tangan bisa dimasukkan dibawahnya. Buat story telling lebih menarik. Anak-anak pasti sukaa.
The most beautiful, bunga tuliph warna-warni. Yang demen sih gurunya.hihihi....saking kemaruknya langsung bikin banyak. Maksud hati, biar ilmunya nempel terus jadi harus sering dipraktekin.

Lolipop by Kokoru
Karena keterbatasan waktu, craft berbahan dasar kokoru hanya menghasilkan satu bentuk minimalis. Si lolipop, memakai dua warna kokoru dipermanis dengan guntingan kertas lipat yang ditempel. Lucu juga. Asyik kan...?!! 
Segala sesuatu asalkan telaten dan punya cukup waktu untuk mempelajarinya, kita pasti bisa. Begitu juga dalam belajar origami sobs, banyak manfaat yang bisa kita dapat. Diantaranya : 
< Origami bisa melatih kesabaran
< Dengan origami bisa melatih kecerdasan visual spasial
< Origami juga bisa merangsang kreativitas anak 
< Melatih motorik halus anak
< Merangsang keaktifan otak anak
Pengalaman dan kesempatan, Alhamdulillah bisa ngikutin workshop origami. 
Gamsahamnida ibu KS....

33 komentar :

  1. wah ternyata banyak ya mbak manfaatnya dari origami ini apalagi bagi anak usia dini

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. jadi guru harus kreativ dan inovatif biar murid2 ga bosen

      Hapus
  3. waktu SD dulu, aku sering belajar main lipat2an kertas hingga menjadi satu bentuk. baru tahu saya kalo itu namanya origami

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalau sudah tau. origami yaa pak har, bukan poligami lho... :D

      Hapus
  4. belajar origami ini sebenarnya bisa membantu menguatkan otak kanan ,
    salam dari Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  5. saya suka origami, tapi tidak bisa membuatnya, dari dulu cuma bisa buat perahu kertas yang dilipat dan pesawat terbang kertas yang dilipat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,..dua bentuk itu emang paling gampang diingat dan dibuat

      Hapus
  6. Selamat malam Mbak Cii simak artikel menarik nya nih Mbak
    Wah sangat Kreatif Mbak ini bagus kerajunanya salut deh Mbak?

    Oh yah Blog Mbak Cii saya sudah mem follow nya agar silaturahmi antar
    Blogging lebih nyaman. semoga kedepanya saya bisa saling membantu
    Yah Mbak jangan sungkan untuk memberi arahan ke blog saya terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pak, udh sy folbek yaa

      Hapus
  7. Bermain origami saya senang sekali melakukannya dengan anak-anak, hal ini dapat membantu mereka mengembangkan kreatifitas mereka untuk berimajinasi ya Mba. Dan biasanya kalau sudah bersama anak-anak bermain origami waktu sepertinya sebentar sekali.


    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget pak,...origami membantu anak2 untuk mengembangkan imajinasi mereka,....salam :)

      Hapus
  8. hasil origaminya bagus bagus. saya sudah lupa teknik dalam membuat kertas origami...soalnya sudah lama banget gak pernah otak atik kertas origami.

    BalasHapus
  9. ini kunjungan pertamaku ya mba,,tanganku kaku kalo mslh kyk gni,,tp seneng aja ngliatnya,,bagus hasilnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai bunda, akhirnya berlabuh disini. Makasih yaa mak tita...

      Hapus
  10. origami skrg makin kreatif.., dlu waktu jaman jadul, bisax hny buat kapal n pesawat, skrg beda hewan pun bisa dibuat..., ckckck.., mgkn besok2 manusia pun jd hehe... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa..bisa koq sob. asalkan sama ahlinya. kalo sy, ilmunya masih cetek...hihihi

      Hapus
  11. wah, asyik banget Mbak Cii...di mana kemarin acaranya?

    selain guru, ibu-ibu seperti saya kayaknya wajib kudu bisa origami deh, minimal yang sederhana seperti kapal atau pesawat...untuk si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dong mba nissa. asal bikinnya ga sambil belanja yaaak

      Hapus
  12. Loliponya tampilannya jadi lucu dan menarik.
    Kokoru itu apaan sih Mbak Cii

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu yaa pak,...manis bentuknya. jadi pengen ngigit...hehehe

      tuh diatas ada keterangan ttg kokoru

      Hapus
  13. Siip... kapan2 ditulis tutorialnya ya buu.. hehe... *golek kepenake dewe... eh, aku ingat pernah mraktekin origami hati yg kau posting di sini... baguus... (dan sekarang lupa..) haha...
    Insya Allah bermanfaat ilmunya ya bu guru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,...isyaallah mba'yu. belajar bareng yooo....hihihih

      Hapus
  14. Merangsang otak
    tindakan yang kusuka
    pengen coba mendadak
    supaya segera bisa

    BalasHapus
  15. saya masih bisa lho Mbak main ginian.
    coba deh dites

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo coba bikin yang aneh2 bisa gaa yaaa.... :p

      Hapus
  16. Bagus Mbak...
    Aku mah ga betah ngelipet-ngelipet gini. Etapi kalo ngelipet burung Phoenix kayaknya masih bisa :D :D

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS