#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

14 Juli 2017

Stop Anyang-anyangan, Cegah dan Obati dengan URICRAN



Prive Uricran (sumber gambar : website Uricran)
Hai Lhur, gimana liburannya?! Gak kerasa ya mulai senin depan udah mulai aktivitas lagi. Ngomongin soal liburan, saya termasuk tipikal orang yang suka piknik. Jadi ya memaksimalkan waktu liburan untuk jalan-jalan. Mau itu jauh atau dekat, bisa di dalam kota atau pun luar kota. Piknik itu sudah menjadi semacam kebutuhan, obat anti galau.
Saya sih hepi-hepi aja ya, piknik ke tempat yang lumayan jauh dari tempat tinggal. Meskipun terkadang ada perasaan khawatir. Bukan perkara bekal atau tetek bengek lainnya. Melainkan kondisi saya pribadi. Jadi kebiasaan ‘beseran’ atau sering pipis itu yang membuat saya agak khawatir. Apalagi jika perginya ke daerah pegunungan yang hawanya agak dingin. Wah, bisa dipastikan hasrat beser semakin meningkat. Sebenarnya saya gak perlu ngerasa demikian, toh di jalan banyak pom bensin yang menyediakan fasilitas toilet umum. Tapi, ya itu melihat kondisi toilet ya kurang bersih ditambah terdapat sisa-sisa bau yang menganggu jadi ilfil. Hasrat pengen pipis makin sirna. Kalau sudah begini kejadiannya, gak jarang ‘ngempet’ atau nahan pipis. Padahal setahu saya, menahan buang air kecil itu sangat gak bagus buat kesehatan. Selain efek sakit perut, bisa juga menyebabkan timbulnya anyang-anyangan.

Apa itu Anyang-anyangan
Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Dimana bisa dialami oleh laki-laki maupun perempuan. Walaupun pada kenyatannya lebih banyak diderita oleh perempuan. Hal ini disebabkan karena jarak antara saluran kemih ke saluran pembuangan air besar lebih dekat sehingga rentan terhadap gangguan infeksi ini.
(sumber gambar : FP Prive Uricran)
 Penyebab Anyang-anyangan
Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, menahan pipis menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan. Selain itu ada juga penyebab lainnya, seperti :
·         1. Bakteri E Coli
Karena kurang menjaga kebersihan, maka bakteri E Coli bisa masuk dan menyebabkan anyang-anyangan. 80% penyebab anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri ini.
·         2. Alergi
Biasanya terjadi pada laki-laki. Alergi ini disebabkan oleh cairan yang terdapat dari pasangannya setelah melakukan hubungan intim
·         3. Kurang menjaga kebersihan
·         4. Gangguan Prostat
·         5. Diabetes
·         6. Kehamilan
·         7. Dehidrasi
·         8. Alat Kontrasepsi
·         9. Menopause
·         10.Batu Ginjal

Cara Mencegah dan Mengobati Anyang-anyangan
Tiga tahun silam, saya pernah kena anyang-anyangan. Yang ini akibat dari sering menahan buang air kecil karena pekerjaan. Saking asyiknya sampai enggan ke kamar mandi. Akibatnya hampir lima harian kena anyang-anyangan. Rasanya gak enak blas. Sakit saat BAK pastinya dan disertai demam. Saking gak tahannya, paksu membuatkan minuman tradisonal dari daun puyung. Ditunggu sampai dua hari belum kunjung sembuh. Akhirnya, saya menyerah dan pergi ke dokter. 
 
Buah Cranberry (sumber gambar : website Uricran)
Dari informasi yang saya baca di internet, ternyata anyang-anyangan bisa diobati dengan buah cranberry. Buah cranberry adalah tanaman liar, sejenis berry dengan warna merah tua.  Kandungan vitamin C pada cranberry bisa mencegah sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai antioksidan dan banyak lagi manfaat lainnya. 

Susah gak sih dapetin buah cranberry?!
Prive Uricran (sumber gambar : website Uricran)
Engga dong, karena dengan kemajuan teknologi kita bisa mendapatkan ekstrak buah cranberry pada produk Uricran. Ada dua pilihan produk, dalam bentuk kapsul dan bubuk. Tinggal pilih saja, mau yang mana. Produk ini bisa kalian beli di apotik kimia farma. Jadi, say no to anyang-anyangan. Konsumsi uricran dan pastikan kembali beraktivitas tanpa ada gangguan.

05 Juni 2017

Kesegaran Setup Kolnas, Teman Saat Berbuka Puasa

Yun's Blog-Hai Temans gak kerasa yaa puasa sudah masuk hari kesepuluh. Gimana dengan puasa kalian?! Insyaallah lancar ya. Seperti yang sudah-sudah, saat berbuka puasa identik dengan hidangan yang mengundang selera. Entah itu makanan maupun minumannya. Aneka es, mau itu es campur, es kolak, es kelapa, es duren sampai yang paling sederhana seperti es teh menjadi sajian yang harus ada di meja makan.

31 Mei 2017

Bukber Asyik dengan Live Musik di Rumah Toba Pekalongan

www.niefem.com-Wah puasa sudah masuk hari kelima. Gimana nih puasanya?! Aman terkendali kan. Biasanya saat bulan ramadhan seperti sekarang ini, bukber atau buka bersama menjadi suatu kewajiban. Mau itu bukber di lingkungan rumah bareng warga se-RT, bukber dengan rekan kerja atau bukber dengan keluarga. Tak ayal bila tempat-tempat makan akan berjubel. Biasanya di pertengahan sampai menjelang akhir ramadhan.

28 Mei 2017

Serunya Outbond Deswita Pandansari

www.niefem.com-Desa Wisata atau disingkat DESWITA merupakan salah satu wisata yang cukup happening setahun belakangan ini. Lokasi Deswita Pandansari lumayan terjangkau. Berada di perbatasan Pekalongan dan Batang. Aksesnya juga mudah, bisa dengan kendaraan roda dua maupun mobil pribadi. Kalau dari jalan raya, masuk ke lokasi kurang lebih sekitar 200 meter.

30 April 2017

[PAUD] Bermain dan Belajar di Puncak Tema Air, Api dan Udara


www.niefem.com- Yess, tiba saatnya bermain di Puncak Tema. Akhir bulan maret menjadi closing dari tema air, api dan udara. Kami, para guru kembali berdiskusi menentukan beberapa kegiatan yang akan dihadirkan dalam puncak tema. Tentu saja kegiatan yang kami rencanakan haruslah yang special dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sehari-hari.
Kurikulum dan pembelajaran PAUD tidak sama dengan jenjang pendidikan diatasnya. Pembelajaran yang kami gunakan berdasar pada tema-tema yang telah ditentukan oleh sekolah. Dari tema kemudian dipecah menjadi sub-sub tema. Nah, dari tema yang telah ditetapkan akan dimasukkan ke program tahunan diikuti dengan program semester dan disertai pembagian alokasi waktunya. Untuk tema air, api dan udara memiliki alokasi tiga minggu.

22 April 2017

Bakso LP Pekalongan


www.niefem.com-Siang itu sepulang dari mengantar anak didik outing class ke Kantor Polres Pekalongan, kami menuju bakso lp. Kenapa gitu disebut bakso lp?! Ya karena letaknya ada di teras depan lembaga pemasyarakatan (LP) Kota Pekalongan. Ada juga yang menyebut dengan bakso penjara. Jika dilihat dari spanduk depan sih namanya bakso sbr Pak Yanto.

17 Maret 2017

[PAUD] Outing Class, KMBI Goes to Kebun Sayuran

www.niefem.com-Masih gak percaya kalau di kawasan Setono, tepatnya di belakang grosir batik Pekalongan terdapat kebun sayuran. Secara disitu termasuk area industri dimana terdapat beberapa pabrik teh, pabrik mie instan, pabrik handuk, dsb. Lahan yang cukup luas ditengah pemukiman dan pabrik digunakan oleh penduduk setempat untuk ditanami sayuran. 

13 Maret 2017

Telaga Sidringo, Pesona Telaga Indah di Batang Jawa Tengah


Kabar tentang perbaikan jalan tembus Kabupaten Batang menuju Dieng membuat saya dan oppa penasaran. Meniatkan diri untuk melihat secara langsung bukan lagi jare-jare. Alasan lain adanya foto-foto telaga indah yang banyak diunggah di instagram. Berbekal itu smua berangkatlah kami menuju kesana.

04 Maret 2017

Jepret Kuliner Khas Kota Batik


http://www.gandjelrel.com/2017/02/blogging-competition-jepret-kuliner-nusantara-dengan-smartphone.html

Hai temans, sudah pernah jalan-jalan atau sekedar singgah di Pekalongan?!
Yess pasti sudah gak asing lagi dengan kota yang begitu terkenal dengan batiknya ini.
Pekalongan terletak di jalur pantura. Aksesnya cukup mudah dari Semarang bisa ditempuh selama 3 jam dengan kendaraan darat. Kalau mau lebih singkat lagi bisa menggunakan kereta api selama 1,5 jam. World City of Batik adalah gelar yang disandang kota Pekalongan. Ya wajar saja, segala tentang batik bisa kalian temui disini. Mulai dari beragam produk batik kaki lima sampai sekelas butik pun tersedia.

19 Februari 2017

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Flu Melanda

Pixabay


    Akhir-akhir ini cuaca labil. Kadang turun hujan, kadang panas. Bahkan pernah seharian hujan melanda. Pekalongan sebagai kawasan pantura yang notabene berhawa panas, mendadak adem kayak di dieng. Perubahan cuaca tersebut sontak membuat kondisi badan menurun. Belum lagi aktivitas yang lumayan padat merayap turut mempengaruhi sistem imun tubuh kita.

07 Februari 2017

Sweet Es Krim di Rumah Campina Pekalongan



Rumah Campina (Foto : Mba Ayi)

Hi gaes, saat siang bolong nan panas paling enak nelan apaan yaa?! Atas dasar ketidaksengajaan diajakin sama mba Ayi ke Cafe Konde yang letaknya di jalan jawa. Setelah bolak-balik, akhirnya ketemu juga tu cafe dan dalam keadaan masih tutup. Kami pun melanjutkan pencarian menuju tempat berikutnya. Sempat ada beberapa opsi, mau nongki-nongki di es campur merak atau kemana gitu. Ya mohon dimaklumi, mba Ayi kan warga baru di kota Batik jadi hasrat menjajal tempat makan lumayan tinggi (piss mba Ayi). Alasan lain, karena di kota ini banyak bermunculan tempat-tempat makan baru dengan beragam menu dan tentu saja dengan design ruang yang menarik untuk kebutuhan foto-foto.

02 Februari 2017

8 Cooking Class Untuk Anak Usia Dini


pixabay
Kalau ditanya, masa apa sih yang paling membahagiakan?! Sudah pasti akan ku jawab masa anak-anak. Bagaimana engga, secara di masa itu belum ada beban hidup apa pun. Yang terbersit hanyalah main, main dan main. Sampai diulang tiga kali. Hmm,..kalau perlu sampai berkali-kali.
Masa usia 0 sampai 6 tahun merupakan rentang usia dini atau bisa disebut juga dengan usia keemasan (golden age). Dimana segala kemampuan kognitif, fisik dan motorik anak mulai berkembang. Berbagai aktivitas belajar anak di rentang usia tersebut dilakukan dengan cara bermain. Are you happy? tentu iya. Belajar mengenal angka dan huruf, bisa dilakukan dengan memakai flash card yang menarik dan full colour. Mengenal nama-nama binatang bisa dengan cara bermain menggunakan miniatur binatang. Pokoknya cara belajar anak-anak itu fun dan gak membosankan. 

12 Januari 2017

Agrowisata Kebun Bunga Krisan Wonobodro Batang

Yeay, akhirnya tak perlu jauh-jauh ke Semarang atau pun Jogja untuk bisa menikmati keindahan bunga krisan. Tepatnya di suatu wilayah Kabupaten Batang Jawa Tengah ada agrowisata baru yaitu kawasan budidaya tanaman hias wonobodro. Saking ngehits’nya destinasi ini menjadi sangat viral di medsos. Banyak kawanan anak muda yang mengunggah foto-foto mereka lewat instagram. Jadilah saya penasaran dan ingin jalan-jalan kesana.

06 Januari 2017

Kelas Inspirasi Pekalongan : Perdana di Kota Batik

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit
Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang.
(Soekarno)

Suatu pagi di akhir tahun lalu, bersama seorang teman yang baru ku kenal semalam. Kami berdua berboncengan menuju sebuah sekolah dasar di pesisir utara Kota Pekalongan. Daerah yang tidak terlalu asing bagiku karena setiap jalan ke pantai pasti melaluinya. Berbekal tas yang lumayan berat, kami berhenti didepan gang. Tepat dibawah plang penunjuk nama sekolah dasar yang akan kami datangi. Belum sampai separuh perjalanan, ku belokkan kembali motorku. Ternyata masih ada perbaikan jalan menuju sekolah tersebut. Sehingga mengambil alternatif lewat gang sebelah.

Kelompok I (SD Baitussalam 2)