#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

19 Februari 2017

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Flu Melanda

Pixabay


    Akhir-akhir ini cuaca labil. Kadang turun hujan, kadang panas. Bahkan pernah seharian hujan melanda. Pekalongan sebagai kawasan pantura yang notabene berhawa panas, mendadak adem kayak di dieng. Perubahan cuaca tersebut sontak membuat kondisi badan menurun. Belum lagi aktivitas yang lumayan padat merayap turut mempengaruhi sistem imun tubuh kita.
    Saat lelah hayati mulai mendera, saat itu juga penyakit gampang menyerang. Yah, yang paling umum sih kena Flu. Itu yang sering saya alami beberapa minggu belakangan. Menurut saya, flu termasuk kategori penyakit ringan. Namun, yang bikin sebel walau terbilang ringan tapi cukup menganggu. Flu sendiri disebabkan oleh virus. Gejala awalnya bersin-bersin, kepala pusing, badan ngreges dan agak demam. Masuk fase yang medium jika disertai batuk.
Sebelum flu makin berat, biasanya saya mengatasinya dengan beberapa hal berikut :
      1.     Istirahat yang cukup
Karena pekerjaan sering membuat kita lupa waktu, lalai kalau badan juga butuh istirahat. Apalagi jika harus begadang dan dikejar DL (kalau saya sih begadang cuma buat nonton tivi). Harus dipaksain buat tidur kan, 8 jam sehari normalnya.
2.   Minum Air Putih
Fungsi air putih sangat bagus untuk tubuh diantaranya, bisa mencegah dehidrasi dan  membuang toxin dalam tubuh. Pastikan asupan dua liter air putih dalam sehari. Selain banyak minum air putih bisa diselingi dengan minuman yang menghangatkan badan, kayak jahe.
Baca Juga : Wedang Alang-alang
3.  Konsumsi makanan yang mengandung serat
Ternyata saat disibukkan oleh pekerjaan, sering membuat kita lupa makan. Padahal kebutuhan perut sangat penting untuk menghasilkan tenaga yang kita butuhkan. Begitu juga dengan saya yang pernah kena typus, telat makan bisa berakibat fatal. Bakal keluar keringan dingin. Efek lainnya bikin konsentrasi menurun. Jadi, apakah dengan makan saja cukup? Yang pasti makanlah makanan yang mengandung serat seperti sayuran plus konsumsi buah. 
4.  Berjemur
Udah pada tahu kan, berjemur dibawah sinar matahari itu bagus untuk tubuh. Rentang jam tujuh sampai jam sembilan pagi. Beruntung, di jam tersebut saya sudah sampai tempat kerja dan bisa merasakan hangatnya matahari di halaman depan sekolah sembari menyambut kedatangan anak didik.

Yup, keempat hal diatas itu yang biasa saya lakukan saat flu mulai menyerang. Bagaimana dengan kalian temans, kebiasaan apa yang kalian lakukan?!....Share yuuuk.

35 komentar :

  1. Nambah asupan vitamin melalui buah2an lokal yg sedang musim saat itu Bu... :)

    BalasHapus
  2. Tips yang ke empat itu saya bau tahu neh... Makasih banyak ya, Mbak, sungguh tips ini sangat bermanfaat bila terkena flu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ke-4 tu, lumayan angetin badan yg ngreges ustadz

      Hapus
  3. makasih sharingnya, nah cukup istirahat itu yg susah krn banyak kerjaan yg hrs dihandel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjaan itu kadang bikin lupa waktu n lupa makan y mba

      Hapus
  4. flu adalah penyakit semua orang apalagi saat iklimnggak bersahabat seperti sekarang, flu gampang banget melanda, dengan mengikuti 4 hal diatas, moga flu-flu tersebut pindah ke tetangga deh yah....#ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, derita banget tetanggan sm mang lembu thea

      Hapus
  5. Makan mie rebus instan yang panas & pedas wkwkwkwwk. Menyelesaikan masalah dengan menambah masalah ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, tambahin irisan bawang putih

      Hapus
  6. Sekarang lagi musim flu dan batuk di daerah saya, menyebar dg mudahnya, tapi klo kondisi fisik fit dan prima, flu dan batuk kayaknya pikir-pikir utk menjalar...he.he.he..terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  7. aku langsung minum antangin terus makan bakso yg pedes anget, bobo deh ! biasanya sih mempan mbak :D

    BalasHapus
  8. Kalo bagi ane...kantong harus stabil...juga obat jurab juga tu...hiiiu

    BalasHapus
  9. Jadi guru, apalagi guru anak2. Kalau udah kena flu, ngajar juga jadi letih banget karena tubuh lagi nggak fit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor resiko tertular lebih tinggi krn hampir tiap hari ada aja anak yg pilek

      Hapus
  10. Istirahat yang cukup dan segera minum obat biar bisa cepat kerja. Itu kalau yang aku lakukan.

    BalasHapus
  11. Konsumsi vitamin C klo aku mbak.. Makan yang berkuah, pedes... Trus bobok..☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan mi,pake sayuran tambahin irisan bawang n cabe rawit...asoy...hahaha

      Hapus
  12. Saya ini aja baru sembuh dari flu, haha... Musim hujan memang yang bikin paling sering kena flu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. flu termasuk penyakit ringan tapi menyebalkan

      Hapus
  13. tambah banyak makan buah dan bergerak terus sampai keringatan...
    cepat kabur deh flunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bergerak itu wajib yaa mba buat ngurangi timbunan lemak juga

      Hapus
  14. jangan sakit flu karena menular,,,,

    BalasHapus
  15. bener banget kalau minum air putih yang banyak. eh tapi bisa juga saat flu pengin maem bakso yang puedes :D

    BalasHapus
  16. minum air putih memang kudu dipen ke banget mba Yun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nyi, ngefek ke kelembapan kulit juga to

      Hapus
  17. Ini aja aku batuk flu dr pertengahan feb, msh blm sembuh mba -_-. Minum air putih udh banyak, balik ke dokter udh beberapa kali, minun vitamin juga tiap hr.. Jelek banget apa cuacanya yaa.. Mana nular ke anak2 juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling cepet nular k org satu rumah mba,...kadang dr anak k ortu atau sebaliknya. cuaca ga ngenah gini,....cpt sembuh iyaaa

      Hapus
  18. Minum jus tomat setiap pagi....hehe

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS