#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

17 Maret 2017

[PAUD] Outing Class, KMBI Goes to Kebun Sayuran

www.niefem.com-Masih gak percaya kalau di kawasan Setono, tepatnya di belakang grosir batik Pekalongan terdapat kebun sayuran. Secara disitu termasuk area industri dimana terdapat beberapa pabrik teh, pabrik mie instan, pabrik handuk, dsb. Lahan yang cukup luas ditengah pemukiman dan pabrik digunakan oleh penduduk setempat untuk ditanami sayuran. 

Plan and Survey

survei lokasi penting sekali
Outing Class adalah salah satu program pembelajaran yang secara kontinue kami lakukan. Paling tidak dalam satu semester ada dua sampe tiga kegiatan outing class. Kami usahakan dalam setiap tahun ajaran baru ada KBM yang beda dari tahun sebelumnya. Seperti di tahun ini, kebun sayuran menjadi sasaran kami. 
Perencanaan menjadi hal yang sangat krusial menyangkut eksekusi di hari H. Yaa, harap maklum yang akan kami bawa kesana adalah teman-teman kecil dari usia 2,3 sampai 4 tahun. Kebayang kan bagaimana ribetnya mengajak mereka belajar diluar sekolah.
Maka berembuglah kami, para guru dan ibu kepsek. Perkara perlengkapan yang kudu dibawa, konsumsi sampai akomodasi. Begitu pula dengan survey lokasi. Minimal tiga hari sebelum kunjungan, kami harus datang ke lokasi untuk melihat kondisi secara riil.
Serunya Memetik Kangkung di Kebun Sayuran

ready to go... (pic teh cici)
Sepertinya teman-teman kecil sudah tidak sabar untuk mengikuti kegiatan ini. Terbukti, dengan kehadiran teman-teman yang lebih awal dari biasanya. Mereka sangat antusias. Sepatu boots dan topi menjadi dresscode yang harus digunakan plus seragam olahraga sebagai lambang identitas sekolah. Berangkatlah kami menuju kebun sayuran. Angkot menjadi moda transportasinya. Alasan memilih angkot, ya karena kami bisa duduk bersama. Teman-teman kecil bisa saling mengakrabkan diri, bisa tepuk-tepuk dan menyanyi sepanjang jalan ☺ 

Ustadz memberikan instruksi (pic bunda argath)
Jarak sekolah dengan lokasi lumayan dekat. Paling-paling cuma setengah jam. Sampai disana, ustadz mahbub memberikan instruksi dan aturan mainnya. Beberapa aturan main memang mesti disampaikan. Jadi teman-teman kecil bisa tertib selama kegiatan berlangsung.
Baca juga : Mendongeng Media Pembelajaran yang Menyenangkan


semangat memetik kangkung (pic mama luqman)
Usai penjelasan. Teman-teman turun bersiap memetik kangkung. Kangkung yang sudah dipetik akan dibawa pulang dan bisa dimasak mama dirumah.
Alhamdulillah, selama kegiatan berlangsung teman-teman kecil bisa mengikuti dengan baik. Semuanya hebat, gak ada yang menangis dan sangat mandiri.

Kelebihan Outing Class
Inti dari kegiatan outing class yaitu pembelajaran diluar kelas. Tentu saja program ini bisa menjadi salah satu unggulan yang ada disetiap sekolah. Beberapa kelebihan outing class diantaranya :
- Refresing
Ternyata kejenuhan gak cuma menimpa kita si dewasa. Anak-anak pun bisa merasakan hal yang sama. Outing Class membantu mereka untuk keluar dari pembelajaran didalam lingkungan sekolah. Mereka akan lebih enjoy dan fresh dengan outing class ini.
-Edukasi
Dengan outing class, anak mengetahui proses tumbuh kembang tanaman. Memetik sayuran melatih motorik anak sekaligus mengenal tekstur benda. Mereka jadi tahu warna dan bagian-bagian tanaman, yang terdiri dari akar, batang, daun,dll.
- Adaptasi
Keluar dari lingkungan rumah dan sekolah penting untuk membangun pribadi anak. Outing class membantu mereka untuk belajar beradaptasi dengan lingkungan baru. Disini, anak bisa mengenal bermacam-macam sayuran, mencintai alam dan juga belajar menjaga lingkungan sekitar.
- Kebersamaan
Outing class diikuti oleh semua anak didik. Mereka saling berinteraksi pada saat perjalanan maupun saat kegiatan. Interaksi yang terjalin bisa lebih mengkrabkan mereka.

Insyaallah outing class ini sangat positif untuk anak usia dini. Dimana, pada setiap aktivitas belajar dan bermain yang mereka lakukan bisa menstimulus kemampuan fisik dan motoriknya.


44 komentar :

  1. Aku dulu suka jika survai tempat sebelum mengadakan acara aouting class, biasanya berlima naik mobil. Asek juga, pulangnya bisa jajan. Itulah enaknya jadi panitia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. impas yaa, capek dan hasilnya sama2 memuaskan

      Hapus
    2. Jenuh jika belajar didalam kelas, sesekali belajar dialam terbuka. Biar anak didik lebih bergairah belajarnya.

      Hapus
  2. Ini dia yang ditunggu-tunggu. lhah... itu tempat dimana aku dulu sering jalan-jalan pagi. lagi ust yun, tentang kunjungan dan prosedurnya. Sexan berapa tarnsportnya. Mau buat referensi aku....

    BalasHapus
    Balasan
    1. survei langsung ksana aja bu, nemui pengelolanya. Rumah ada di dekat musola. jadi bisa tanya2 langsung...

      Hapus
    2. ok. kunjungan lain juga diposting ust yun

      Hapus
  3. wah sayurannya hijau-hijau ya ,, pasti anak lebih senang tuh belajar sambil bermain ,,, syaraf motoriknya pasti lebih terasah ,, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, lihat yg ijo2 bikin adem...

      Hapus
  4. Waaah lucu-lucuuuu.... Jadi ingat waktu anak2ku masih kecil2, aku antar outing. Jadi nggak fokus menanam krn aku malah sibuk nggemesin anak2 wkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Ini sebenarnya yang disukai anak-anak, walau mereka sakit pada hari itu mereka jadi pembohong kpada orang tuanya mereka mengatakan sudah sehat, demi ikut Outing class..
    dan itu terjadi disekolah saya..
    hahahhaa..
    akhirnya besoknya drop lagi anak itu, pintar sekali,,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak itu kamu yaa....., hehehe

      Hapus
    2. Eh kok saya sih,,
      Teman saya, namanya aja yang sama, wajahnya juga mirip,,
      Rumahnya juga sama.., kelakuan juga serupa,, hehee

      Hapus
  6. PAUD di keunsayuran inilah yang sesungguhnya PAUD, banyak ilmu yang kelak akan menempel selalu sepanjang hidupanak-anak PAUD ketika dikebunsayuran ini ketimbang di dalamkelas mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, rutinitas terkadang begitu membosankan. outing class menjadi salah satu program pembelajaran yg mengasyikkan ...

      Hapus
    2. outing itulah yang selalu diharapkan oleh anak-anak....ibu kapan ke kebon lagi....? gituh kata mereka...iya kan?

      Hapus
  7. Anakku pas TK juga diajak menanam seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah iya kak,.... di sekolah kami keg menanam bs dilakukan disekolah. outing ini hanya memetik sayuran saja ^_^

      Hapus
  8. Wah seru nih, jadi inget waktu TK..hehe
    Pengalaman banget ya, Mba. Bisa ajak anaknya sendiri buat jalan-jalan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yg menyenangkan,...

      Hapus
    2. Dan pengalaman adalah guru yang terbaik..hehe

      Hapus
  9. Seruuu... BTW aku msh penasaran videonya nii.. Pakai aplikasi apa, Us??

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru pake banget mba,...kehebohan ortu melebihi anak2nya....wkwkwkw.
      owh,....itu pake video show mba'yuuu ^_^

      Hapus
  10. Seru ya jadi guru PAUD. Bisa main sama anak-anak. Bisa naik angkot rame-rame..

    BalasHapus
  11. wah seru banget ya,
    aku dulu pernah ngajar PAUD mbak jadi kangen nih sama anak2 kecil yang lucu dan unik2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, menyenangkan sekaligus menyebalkan...hehehe. klo pas dibilangin susah jd senewen.
      ayooo mba ngajar lagi....

      Hapus
  12. Seru juga kegiatannya, jadi nggak buat anak2 bosan. Pasti mereka antusias benget tu, pengen terus-terusan ngadain outing class.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngajar anak2 emang hrs kreatif mba...

      Hapus
  13. Mbak itu kebun sayurannya lokasinya dmn kah?
    Seneng banget ya anak2 diajak ke kebunnya langsung gtu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ada di belakang grosir batik, setono, Pekalongan mba...

      Hapus
  14. pas msh di PAUD anakku jg ada beberapa kali acara outing gini mba... awalnya sih aku takut jujurnya mba ;p.. maklum aja ngelepas anak ama gurunya gitu ke tempat agak jauh.. waktu itu acaranya pernah ke taman safari, ancol ama taman mini, naik bis wisata.. makanya baby sitternya aku minta ikut jg supaya bisa ngeliat.. eh ternyata anakku seneng bgt, malah mau ikutan kegiatan2nya... jd skr udh tenang ngelepas dia outing alam begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya di sekolah kami, otrunya juga pada ikut mba. mereka ngantar dgn kendaraan masing2 tp anak2 dijadikan satu naik kendaraan yg disewa oleh sekolah. saat di lokasi, anak2 lah yg memetik. ortu hanya lihat dr kejauhan, karena klo ortu ikut nungguin anak2 malah jd manja

      Hapus
  15. Sayurannya segeer, edukatif banget nii buat anak2, mamaknya ikut pikniik..

    BalasHapus
  16. seruu banget tante
    dija jadi pingin TK lagi
    hiks

    BalasHapus
  17. ini bisa jadi tempat ekowisata yang menarik nih, ada kebunnya lagi. saya jadi keingat dulu jaman sd diajakin main ke kebun strawberry di malino.mirip-mirip kayak gini tapi disana suasananya dingin banget soalnya di pegunungan

    BalasHapus
  18. Outing class juga melatih kemandirian anak ya, karena biasanya ada area yang anak2 cuma didampingi guru aja :D

    BalasHapus
  19. Yang paling disukai anak-anakku saat bersekolah ya Outing atau Field trip :)
    Paling semangat deh kalau yang namanya jalan-jalan.

    BalasHapus
  20. Wah, seru sekali outingnya. Memang betul ya outing juga bisa sekalian refreshing, hihihi. Preschool ku juga jumat kemarin baru outing. Kami naik kereta api, dan anak-anaknya mulai usia 6 bulan sampai 6 tahun :)

    BalasHapus
  21. Wah seru sekali main anak-anak paud nya itu hehehe. Asik ya bisa berkebun ramai-ramai dan mendapat edukasi bareng hehehe.

    BalasHapus
  22. kunjungan perdana mbak ,follow balik..mbak yaaa...

    BalasHapus
  23. seru banget outingnya,
    nggak usah ke tempat jauh2 banget, yang penting anak2 bisa belajar..
    lucu liat mereka petik sayur kangkung..

    BalasHapus
  24. Enak bener bisa metik sayuran sendiri ya

    BalasHapus
  25. Bagian pembelajaran yg menyenangkan Jeng Yun. Maem sayur yg cukup ya anak2...ya bu....

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS